Selasa, 02 April 2013

5 Alasan Mengapa Internet Sangat Penting bagi Pembisnis Perkantoran


Internet

Internet penting bagi bisnis-bisnis online berbasis Internet. Itu pasti. Tapi, sebenarnya Internet juga penting bagi para pebisnis offline yang selama ini mengandalkan bisnisnya melalui transaksi secara fisik di dunia nyata.
Mengapa? Inilah 5 alasan diantaranya:

a. Internet adalah Peluang Baru

Pernah mendengar cerita fenomena kripik pedas Maicih? Dengan bermodal pemasaran melalui Internet (Twitter), kripik pedas Maicih yang berawal dari nol (hanya berdagang, mengambil barang dari orang lain) kini berkembang pesat dengan omzet lebih dari Rp. 5 milyar/bulan.
Internet adalah peluang baru dan lahan baru. Siapa yang lebih dulu bisa memanfaatkannya, dia yang akan mendapatkannya.

b. Bisnis Selalu Memilih Tempat Keramaian

Mengapa banyak orang membuka toko di mall? Mengapa halaman masjid ramai berubah menjadi pasar kaget setelah usai Jumatan? Karena di sana ada kerumunan orang.
Nah, Internet adalah kerumunan orang yang sangat besar, yang tak dibatasi oleh fisik. Bayangkan, ada 50 juta orang pemakai Internet di Indonesia. Jumlah itu jauh lebih besar dari mall apapun. Dan, sebagian dari mereka sangat boleh jadi sedang mencari produk/jasa yang Anda tawarkan.

c. Daya Beli dan Tingkat Pendidikan

Dalam dunia pemasaran, salah satu dasar membuat analisis segmentasi pasar adalah berdasarkan daya beli. Pasar yang berukuran besar belum tentu menjadi daya tarik untuk berbisnis. Ada ukuran lain yaitu daya beli. Nah, dari sisi daya beli, para pemakai Internet adalah orang-orang yang berada di kelas menengah ke atas.
Selain memiliki daya beli, pemakai Internet adalah orang-orang yang berpendidikan. Jika Anda memang memiliki produk dan jasa yang bagus, rasionalitas orang-orang yang berpendidikan tentu akan memudahkan Anda untuk berkomunikasi dengannya.

d. Jutaan Orang Mencari Produk/Jasa

Jutaan informasi terserak di Internet. Jutaan orang mencari informasi yang dibutuhkannya melalui Internet, baik berupa pengetahuan maupun produk dan jasa. Mereka mencari informasi menggunakan mesin pencari, sebagian besar Google.
Mengapa bukan produk/jasa yang Anda miliki yang tampil di mesin pencari Google? Kesempatan Anda adalah melakukan optimasi mesin pencari agar produk Anda bisa berada di halaman pertama, bahkan hasil pencarian pertama Google.

e. Produsen sekaligus Konsumen

Internet adalah masyarakat besar, pasar besar. Pebisnis bukan hanya dapat memanfaatkan Internet untuk menjual produk/jasanya, tetapi juga mencari produk/jasa untuk kepentingannya, baik kepentingan personal ataupun supply barang untuk proses produksi yang dilakukannya.

1 komentar:

  1. Sangat setuju, internet sangat penting apalagi untuk bidang usaha dan bisnsi.


    bisa baca lengkapnya di http://adriankurniawan.com/manfaat-internet-yang-perlu-diketahui/

    BalasHapus