Senin, 01 April 2013

PENGERTIAN INTERNET

istilah internet muncul sejak tahun 1969 dan kemudian mengalami perkembangan yang sangat pesat sekitar tahun 1993/1994, kehadiran internet telah membawa perubahan yang signifikan terhadap berbagai aspek kehidupan umat manusia, terutama sisi kebebasan untuk memperoleh dan menyebarkan informasi tanpa mengenal batas geografis.
       Internet adalah rangkaian hubungan jaringan komputer yang dapat diakses secara umum di seluruh dunia, yang mengirimkan data dalam  bentuk paket data berdasarkan standar internet protocol (IP). Lebih dalam lagi, internet adalah kumpulan jaringan dari jaringan-jaringan komputer dunia yang terdiri dari jutaan unit-unit kecil, seperti jaringan pendidikan, jaringan bisnis, jaringan pemerintahan dan lain-lain, yang secara bersamaan menyediakan layanan informasi seperti e-mail, online chat, transfer file dan saling keterhubungan (linked) antara satu halman web dengan sumber halaman web yang lainnya.
Dari definisi di atas dapat disimpulkan bahwa internet adalah layanan untuk menyebarkan dan memperoleh informasi, berkomunikasi,berkirim surat (email), bertukar data, remote login.


      Pengertian aplikasi perkantoran

Aplikasi perkantoran adalah sebuah aplikasi yang di gunakan oleh perusahaan di dalam aplikasi perkantoran terdapat aplikasi-aplikasi yang sangat sering di gunakan oleh perusahaan seperti MS Office, OpenOffice, dan sebagainya.

      Perkembangan  Internet Di  perkantoran.

Dengan pestnya perkembangan teknologi komputer, kemampuannya semakin meningkat dan harganya dari hari ke hari reltif semakin murah. Berbagai macam perangkat lunak (program dan aplikasi) kini tersedia untuk aneka ragam penggunaan, termasuk untuk segala macam keperluan kantor. Banyak pekerjaan kantor yang sebelumnya harus di selesaikan oleh banyak orang dan menghabiskan waktu dan tenaga, kini bantuan komputer dapat di lakukan oleh satu orang saja dengan waktu relatif singkat dan nyaris tanpa salah sedikitpun.
Misalnya saja, dengan aplikasi pengolahan kata (word processor) orang tidak lagi perlu repot repotmengetikan surat berkali-kali atau membuat tembusan karbon berlapis – lapis untuk mengirimkan satu surat kepada beberapa alamat- alamat yang di tujunya kemudian komputer akan menggabungkan (mail merge) dari alamat dan konsep surat itu secara otomatis. Dengan aplikasi pengolahan kata (data base) orang dapat mencatat pengarsipan dan mencari data arsip tanpa perlu membolak- balik buku agenda ataupun kartu kendali, dan semua itu dapat di lakukan dalam waktu sangat cepat. Dengan alat scanner orang dapat menyimpan data surat, grafik, tabel, dan gambar dalam beberapa disket atau compact disc yang sangat menghemat ruang dan jauh lebih awet dari pada kertas. Dengan local area network, modem, dan internet beberapa komputer di lokasi yang berjauhan dapat dihubungkan sehingga dapat saling bertukar informasi dan data. Jaringan komputer di kantor pusat dapat mengirimkan atau menerima dara dari seluruh cabangnya di seluruh dunia dalam waktu singkat. Dengan electronic mail orang orang dapat berkirim-kiriman surat dengan relasi di luar negeri tanpa harus membayar biaya pos internasional, melainkan cukup dengan biaya pulsa telepon lokal. Bahkan kini orang bisa melakukan tansaksi jual beli lewat internet dengan menggunakan nomor kartu kredit.

     Manfaat internet di  perkantoran.

Para pekerja kantor banyak memerlukan kapabilitas komunikasi yang intensif ataupun keperluan mendesak akan keakuratan informasi tentu mengerti benar manfaat internet. Internet bisa mengakomondasikan keduanya dengan lebih cepat dan lebih murah.
Bagi perusahaan multinasional (MNC – multi national conforation),internet bisa meringankan biaya operasional. Dengan mudh perusahaan bisa bertukar data melalui jaringan internet yang terbuka atau yang tertutup melalui VPN (Virtual Private Network) atau FTP (file transfer protocol).
Internet memungkinkan semua kantor cabang perusahaan baik yang terletak di pusat maupun yang di Asia, Afrika, Timur Tengah terhubung dengan murah, namun andal dan sebaguna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar