PENGERTIAN INTERNET
istilah internet
muncul sejak tahun 1969 dan kemudian mengalami perkembangan yang sangat pesat
sekitar tahun 1993/1994, kehadiran internet telah membawa perubahan yang
signifikan terhadap berbagai aspek kehidupan umat manusia, terutama sisi
kebebasan untuk memperoleh dan menyebarkan informasi tanpa mengenal batas
geografis.
Internet
adalah rangkaian hubungan jaringan komputer yang dapat diakses secara umum di
seluruh dunia, yang mengirimkan data dalam
bentuk paket data berdasarkan standar internet protocol (IP). Lebih
dalam lagi, internet adalah kumpulan jaringan dari jaringan-jaringan komputer
dunia yang terdiri dari jutaan unit-unit kecil, seperti jaringan pendidikan,
jaringan bisnis, jaringan pemerintahan dan lain-lain, yang secara bersamaan
menyediakan layanan informasi seperti e-mail, online chat, transfer file dan
saling keterhubungan (linked) antara satu halman web dengan sumber halaman web
yang lainnya.
Dari definisi di atas dapat
disimpulkan bahwa internet adalah layanan untuk menyebarkan dan memperoleh
informasi, berkomunikasi,berkirim surat (email), bertukar data, remote login.
Pengertian
aplikasi perkantoran
Aplikasi perkantoran
adalah sebuah aplikasi yang di gunakan oleh perusahaan di dalam aplikasi
perkantoran terdapat aplikasi-aplikasi yang sangat sering di gunakan oleh
perusahaan seperti MS Office, OpenOffice, dan sebagainya.
Perkembangan
Internet Di perkantoran.
Dengan pestnya
perkembangan teknologi komputer, kemampuannya semakin meningkat dan harganya
dari hari ke hari reltif semakin murah. Berbagai macam perangkat lunak (program
dan aplikasi) kini tersedia untuk aneka ragam penggunaan, termasuk untuk segala
macam keperluan kantor. Banyak pekerjaan kantor yang sebelumnya harus di
selesaikan oleh banyak orang dan menghabiskan waktu dan tenaga, kini bantuan
komputer dapat di lakukan oleh satu orang saja dengan waktu relatif singkat dan
nyaris tanpa salah sedikitpun.
Misalnya saja,
dengan aplikasi pengolahan kata (word processor) orang tidak lagi perlu repot
repotmengetikan surat berkali-kali atau membuat tembusan karbon berlapis –
lapis untuk mengirimkan satu surat kepada beberapa alamat- alamat yang di
tujunya kemudian komputer akan menggabungkan (mail merge) dari alamat dan
konsep surat itu secara otomatis. Dengan aplikasi pengolahan kata (data base)
orang dapat mencatat pengarsipan dan mencari data arsip tanpa perlu membolak-
balik buku agenda ataupun kartu kendali, dan semua itu dapat di lakukan dalam waktu sangat cepat. Dengan alat
scanner orang dapat menyimpan data surat, grafik, tabel, dan gambar dalam
beberapa disket atau compact disc yang sangat menghemat ruang dan jauh lebih
awet dari pada kertas. Dengan local area network, modem, dan internet beberapa
komputer di lokasi yang berjauhan dapat dihubungkan sehingga dapat saling bertukar
informasi dan data. Jaringan komputer di kantor pusat dapat mengirimkan atau
menerima dara dari seluruh cabangnya di seluruh dunia dalam waktu singkat.
Dengan electronic mail orang orang dapat berkirim-kiriman surat dengan relasi di
luar negeri tanpa harus membayar biaya pos internasional, melainkan cukup
dengan biaya pulsa telepon lokal. Bahkan kini orang bisa melakukan tansaksi
jual beli lewat internet dengan menggunakan nomor kartu kredit.
Manfaat
internet di perkantoran.
Para pekerja
kantor banyak memerlukan kapabilitas komunikasi yang intensif ataupun keperluan
mendesak akan keakuratan informasi tentu mengerti benar manfaat internet.
Internet bisa mengakomondasikan keduanya dengan lebih cepat dan lebih murah.
Bagi perusahaan multinasional
(MNC – multi national conforation),internet bisa meringankan biaya operasional.
Dengan mudh perusahaan bisa bertukar data melalui jaringan internet yang
terbuka atau yang tertutup melalui VPN (Virtual Private Network) atau FTP (file
transfer protocol).
Internet
memungkinkan semua kantor cabang perusahaan baik yang terletak di pusat maupun
yang di Asia, Afrika, Timur Tengah terhubung dengan murah, namun andal dan sebaguna.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar